Minggu, 25 Januari 2015

10 Makanan untuk Kecerdasan Otak

makanan otak 

            Di sini saya akan membahas tentang makanan peningkat kecerdasan otak. Ada beberapa makanan yang dijuluki sebagai “Brain Food”, di mana makanan-makanan ini dipercaya dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat serta merangsang pertumbuhan sel-sel otak, baik langsung saja silahkan di baca !!!

1. Salmon
Mengandung omega-3 (DHA dan EPA) yang berperan penting terhadap pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak. Orang yang mendapatkan asupan asam lemak omega-3 lebih banyak diketahui berpikiran lebih tajam dan memperoleh hasil memuaskan pada uji kemampuan.

2. Telur
Walaupun mengandung kolesterol, bagian kuning telur ternyata kaya akan kolin yang membantu perkembangan daya ingat otak.

3. Selai kacang
Mengandung vitamin E, antioksidan yang berperan dalam melindungi membran-membran sel saraf. Vitamin E akan membantu sel saraf dan otak untuk penggunaan glukosa sebagai kebutuhan energi.

4. Gandum murni 
Serat yang terkandung di dalamnya bisa membantu mengatur pelepasan glukosa dalam tubuhdan vitamin B yang berguna dalam memelihara kesehatan sistem saraf.

5. Oat/oatmeal
Mempunyai kandungan seng, potasium, vitamin B, dan vitamin E yang dapat membuat fungsi tubuh dan otak berfungsi pada kondisi prima.

6. Buah berry
Antioksidan yang tinggi pada buah berry, terutama vitamin C, memiliki peran untuk mencegah kanker. Biji dari buah berry diketahui juga mengandung asam lemak omega-3.

7. Kacang-kacangan
Merupakan sumber serat, mineral, dan vitamin. Kacang dikatakan baik untuk otak karena makanan ini dapat memberikan energi lebih lama dan membantu kemampuan berpikir. 

8. Sayuran berwarna 
Wortel, bayam, labu, ubi jalar, dan tomat merupakan sayuran kaya akan nutrisi dan antioksidan yang akan membuat sel-sel otak jadi lebih kuat dan sehat.

9. Daging sapi tanpa lemak
Memiliki banyak kandungan zat besi yang dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan tetap berenergi ketika di sekolah, dan juga mengandung seng yang dapat membantu menjaga daya ingat.

10. Susu dan Yogurt
Mengandung vitamin B dan protein yang tinggi yang dapat membantu pertumbuhan jaringan otak, enzim, dan neurotransmitter. Susu dan yogurt juga bisa membantu perut kenyang karena kandungan karbohidrat dan proteinnya sekaligus menjadi sumber energi untuk otak.

             Nah itulah sedikit makanan yang dapat meningkatkan kecerdasan otak, selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar